Megalodon Raja Lautan di Zaman Purba

megalodon
Ilustrasi dari Megalodon yang menakjubkan, yang dapat mencapai hingga 20 meter I foto en.wikipedia.org

Megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu. Hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar". Hewan ini termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa.

Isu yang tersebar, meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih. ia adalah Raja lautan di zaman purba. (id.wikipedia.org).

rahang-Megalodon
Rahang Megalodon dipajang di Baltimore National Aquarium I foto en.wikipedia.org

Para ilmuwan percaya bahwa Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah hidup. Bisa mencapai hingga 20 meter dan berat 100 ton. Dianggap sebagai predator terbesar laut sepanjang masa, hidup di semua perairan laut selama 20 juta tahun. Bergigi besar, memangsa ikan besar, seperti paus, lumba-lumba, anjing laut atau mamalia laut lainnya yang juga mengkonsumsi ikan besar dan kura-kura.

Bukti dari catatan fosil menunjukkan bahwa hiu kecil lebih sering hidup di daerah pesisir, biasanya dipilih sebagai tempat berkembang biaknya karena memiliki banyak makanan, dan air besar terbuka dan lepas pantai.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Panduan Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger